ads

Faktor Penyebab Bayi Sungsang Dan Cara Mengatasinya

Penyebab bayi sungsang - Proses melahirkan merupakan proses yang sangat ditunggu-tunggu sekaligus membuat khawatir dan deg degan. Banyak hal-hal luar biasa dan tidak terduga ketika sedang melahirkan. Tetapi, tidak semua ibu bisa melahirkan dengan lancar-lancar saja, ada beberapa ibu yang melahirkan dengan keadaan yang sedikit berbeda, misalnya seperti bayi sungsang. Bayi sungsang adalah suatu keadaan dimana letak bayi di dalam perut tidak seperti seharusnya, yaitu posisi kepala di atas dan bokong di bawah, sehingga proses melahirkannya akan lebih sulit dibandingkan dengan posisi bayi yang normal. 
bayi sungsang
penyebab dan cara mengatasi bayi sungsang
Sejauh ini, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bayi sungsang. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut :


  1. Bobot Janin yang Rendah - Karena bobot janin rendah sang bayi akan sangat bebas bergerak. Pada usia kehamilan 28 hingga 34 minggu, tubuh janin akan menjadi lebih besar, dan biasanya sudah tidak banyak bergerak dan menetap pada satu posisi. Jika  posisinya tidak tepat, kondidi ini bisa disebut bayi sungsang.
  2. Ruang Panggul yang Sempit - Kondisi ini bisa menjadi penyebab bayi sungsang. Karena janin akan merasa kurang nyaman dengan posisinya dan mencari posisi yang paling nyaman menurutnya.
  3. Volume air ketuban yang diatas rata-rata - Seperti pada point sebelumnya, air ketubaan yang terlalu banyak juga bisa membuat janin merasa kurang nyaman.
  4. Ada Tumor pada Rahim Ibu
  5. Plasenta terletak di bawah
  6. Hamil Anak Kembar - Anak kembar yang ada di dalam kandungan saling memperebutkan posisi yang menurut mereka paling nyaman. Hal ini menyebabkan bagian tubuh janin yang paling besar berada di paling bawah Rahim.
  7. Adanya Kelainan pada Kepala Bayi - Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab bayi sungsang yang sering terjadi. Jadi anda harus lebih rutin untuk memeriksakan kandungan, agar saat ada kelainan bisa langsung segera ditangani dengan baik. 

Cara mengatasi bayi sungsang

Setelah mengetahui penyebab bayi sungsang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan posisi bayi ke tempat yang seharusnya. 

Pertama, ibu melaukan posisi sujud secara teratur. Cara ini cukup dilakukan dua kali per hari, dengan masing-masing waktu 15 menit. Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan external cephalic versin (ECV), cara ini dilakukan dari luar tubuh. Cara mengatasi bayi sungsang yang kedua ini harus dilakukan bersama dokter yang telah berpengalaman. Selain ke dua cara tersebut, anda juga bisa mengikuti senam ibu hamil untuk bayi sungsang. Dengan demikian, posisi bayi anda akan berada pada posisi yang seharusnya.

Jika bayi masih tidak mau kembali pada posisi yang seharusnya hingga sampai ke proses melahirkan, maka akan dilakukan tindakan khusus dari dokter untuk proses kelairan bayi tersebut. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan operasi cesar, tetapi jika ingin melakukan proses kelahiran secara normal masih tetap bisa dilakukan. Yang penting harus selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi terbaik.

Demikianlah beberpa penyebab bayi sungsang dan tindakan untuk mengantisipasinya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar