ads

Jenis Ikan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Ikan yang biak untuk ibu hamil - Kebutuhan gizi dan nutrisi ibu yang sedang hamil dengan tidak memang berbeda. Ibu hamil harus lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar kondisi tetap dalam keadaan aman dan terjaga. Banyak sekali jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, dan salah satunya adalah ikan. Tetapi, tidak semua ikan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, jadi jika anda atau istri anda sedang hamil, anda harus pintar-pintar untuk memilih ikan yang baik untuk ibu hamil. 

Tidak hanya dari jenisnya, cara menyimpan dan mengolah ikan juga menjadi pertimbangan khusus untuk mengkonsumsi ikan saat sedang hamil. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan ikan yang baik untuk ibu hamil. 
Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Ikan Salmon
Ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung omega 3, protein, zat besi dan mineral. Ikan salmon sering kali dikonsumsi disaat masih mentah, tetapi untuk wanita hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan mentah.

Kerang Udang dan Kepiting
Jenis hewan laut ini juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil, mengingat kandungan yang ada di hewan tersebut. Tetapi, proses memasaknya juga harus diperhatikan. Cukup tumis udang hingga matang agar kandungan minyaknya tidak hilang. Khusus untuk kerang, pastikan dicuci hingga bersih benar, karena di cangkang kerang biasanya tersangkut bahan-bahan dari luar.
Baca juga : Makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil
Ikan yang Sudah Diasap
Ikan yang sudah diasapi mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin D dan protein. Ikan yang sudah diasapi sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hail, karena ikan ini sudah matang dan parasit-parasit yang ada di ikan sudah mati. Ikan ini merupakan ikan yang baik untuk ibu hamil.  Selain itu, pada ikan yang sudah diasapi kandungan mineral penting seperti fosfor dan kalium akan terjaga.

Hindari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Ikan Laut
Anda tidak benar-benar tahu bagaimana kondisi laut tempat hidup ikan yang anda beli. Apalagi di jaman sekarang ini semakin banyak zat berbahaya seperti merkuri. Ikan marlin dan ikan pedang merupakan ikan yang paling besar kemungkinannya untuk terkontaminasi merkuri di laut. Merkuri sangat mempengaruhi sistem saraf dan perkembangan bayi di dalam perut, dan bisa memeberikan efek yang tidak bagus untuk bayi yang ada di dalam kandungan anda.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan mengenai ikan yang baik untuk ibu hamil. Kesehatan ibu dan anak di dalam kandungan seharusnya menjadi prioritas utama, sehingga anda calon ibu atau calon ayah bisa lebih selektif untuk memeilih ikan yang baik untuk ibu hamil. Pastikan ikan yang anda konsumsi benar-benar bersih dan matang secara sempurna, agar nutrisi yang seharusnya sampai pada janin anda benar-benar bermanfaat pada tumbuh kembang janin anda. Semoga infromasi di atas bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar