ads

Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Ibu Hamil

Makanan yang mengandung kalsium - Ketika anda hamil, kebutuhan kalsium akan naik sangat drastis. Jika pada keadaan normal anda hanya memerlukan kalsium sebanyak 800 mg per hari, ketika hamil anda memerlukan sebanyak 1.200 mg kalsium per hari. Mungkin selama ini anda berpendapat kalsium hanya terkandung dalam susu, padahal sebenarnya masih banyak makanan lain yang mengandung kalsium. Makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil ini dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, agar kebutuhan kalsium ibu hamil terpenuhi. Beberapa makanan tersebut diantaranya yaitu :
Makanan mengandung kalsium
Yogurt 
Yogurt merupakan makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil  yang terbuat dari susu yang difermentasikan. Yogurt memili banyak kalisium karena terbuat dari susu. Untuk anda yang menyukai rasa asam, yougurt adalah pilihan yang pas.

Ikan Salmon
Selain mengandung protein dan lemak sehat, ternyata ikan salmon juga mengandung banyak kalsium. Pada 3 ons ikan salmon mengandung 181 mg kalsium. Jadi konsumsilah secara teratur.

Keju
Hampir sama seperti yogurt, keju juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, karena terbuat dari olahan susu. Selain mengadung kalsium, keju juga mengandung vitamin, fosfor, protein dan mineral, sehingga menjadi salah satu makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Kacang Kedelai
Kacang kedelai yang merupakan bahan pokok untuk membuat tempe dan tahu ini ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain bisa rasanya yang nikmat, harganya juga sangat terjangkau.

Kacang Almond
Kacang almond mengandung kurang lebih 70 hingga 80 mg kalsium, dan juga mengandung vitamin E. Kacang almond biasa dikonsumsi sebagai cemilan sehat saat hamil.

Pisang
Selain mengandung kalsium, buah pisang juga mengndung fosfor, zat besi, kalium dan magnesium.

Brokoli
Sayur brokoli sangat cocok untuk dimasak sup. Selain rasanya yang lezat, brokoli adalah sayuran yang mengandung kalsium tertinggi jika dibandingkan dengan sayuran yang lain, yaitu 180 mg kalsium. Sehingga brokoli biasanya menjadi primadona makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil.

Kale
Kale adalah sayuran yang termasuk dalam jenis kubis-kubisan. Kale juga mengandung banyak kalsium, yaitu sekitar 90 mg kalium per cup.

Oatmeal
Makanan yang terbuat dari gandum ini memiliki kandungan kalsium kurang lebih 105 mg kalsium setiap mangkuknya. Oatmel biasa dikonsumsi sebagai sarapan pada pagi hari. Selain mengandung kalsium, oatmeal juga mengandung serat dan karbohidrat.

Biji Wijen
Biji wijen mengandung 280 mg kalsium per ons. Kandungan kalsium pada biji wijen hampir setara dengan satu gelas susu.

Itulah beberapa makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi. Proses kehamilan akan sangat menyenangkan jika ibu hamil tidak merasa stress dan menikmati setiap prosesnya. Jangan lupa juga untuk aktif bergerak supaya proses melahirkannya akan lebih mudah. Semoga infromasi di atas bisa menginspirasi kesehatan anda selama menjalankan masa kehamilan.

0 komentar:

Posting Komentar