ads

6 Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Vitamin yang wajib dikonsumsi ibu hamil - Masa kehamilan merupakan masa yang paling dinanti-nanti oleh setiap pasangan keluarga yang baru menikah. Untuk mengoptimalkan masa penting ini, Anda yang sedang hamil wajib mengonsumsi berbagai jenis makan yang banyak mengandung berbagai nutrisi seperti lemak, mineral, karbohidrat, protein, air, dan vitamin untuk dapat mengoptimalkan kesehatan ibu dan perkembangan janin pada masa kehamilan.

Salah satu nutrisi yang paling penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah vitamin. Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kegiatan metabolisme dalam tubuh terutama untuk ibu yang sedang hamil dimana kebutuhan nutrisi otomatis bertambah seiring perkembangan janin. Untuk dapat mengoptimalkan masa kehamilan, berikut 6 vitamin yang wajib dikonsumsi ibu hamil :
Vitamin yang bagus untuk ibu hamil
1. Vitamin A
Untuk dapat menjaga daya tahan tubuh pada saat kehamilan, Anda yang sedang hamil harus mengonsumsi vitamin A. Untuk memperoleh kandungan vitamin Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti sayur-sayuran yang berwarna hijau, susu, hingga hati dan ampela ayam.

2. Vitamin B
Vitamin B merupakan vitamin yang paling banyak dibutuhkan oleh ibu hamil. Beberapa jenis vitamin B yang dibutuhkan oleh ibu hamil diantaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12. Vitamin B yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat menghindarkan ibu hamil dari kondisi : morning sickness, rasa ingin mual/muntah, kekurangan sel darah merah (anemia), dan mencegah cacat pada janin. Selain itu beberapa kandungan vitamin B juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan membantu proses pembentukan jaringan saraf pada bakal janin. Kandungan vitamin B bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti sayur mayur, susu dan olahan susu, daging sapi, dan beberapa buah-buahan seperti alpukat dan semangka.

3. Vitamin C
Vitamin yang wajib dikonsumsi ibu hamil yang berikutnya adalah vitamin C. Vitamin C memiliki kegunaan untuk memperlancar proses penyerapan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Kandungan vitamin C bisa diperoleh dari berbagai macam buah-buahan seperti jeruk dan cabai.

4. Vitamin D
Kandungan vitamin D dibutuhkan oleh ibu hamil untuk dapat memperkuat daya tahan tubuh dan menghindari potensi terjadinya sesak nafas pada bakal bayi. Sinar matahari pagi dapat dimanfaatkan untuk memperoleh kandungan vitamin D.

5. Vitamin E
Untuk menjaga kesehatan kulit ibu akibat peregangan sel kulit akibat membesarnya ukuran tubuh, ibu wajib mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Salah satu makanan yang kaya akan vitamin E adalah gandum dan berbagai macam olahannya.

6. Vitamin K
Asam lemak merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Untuk menjaga perkembangan janin, ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan akan nutrisi Vitamin K yang bisa didapatkan dari beberapa jenis sayuran hijau.


Itulah 6 Vitamin yang wajib dikonsumsi ibu hamiluntuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin pada masa kehamilan.

0 komentar:

Posting Komentar