ads

Perkembangan Janin Pada Usia 5 Minggu

Perkembangan Janin Usia 5 Minggu - Di usia 5 minggu, janin memiliki perubahan yang signifikan. Perubahan ini tidak hanya di alami oleh sang janin saja, tapi begitu juga ibu yang mengandungnya. Tahap ini merupakan tahap kedua dari ketiga tahap saat hamil. Tahap ini di sebut tahap embrio, pada tahap ini janin sudah terbentuk rancangan alat- alat tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut tahap perkembangan janin 5 minggu.

Hal-hal yang dialami ibu saat mengandung janin pada usia 5  minggu

Merasa lelah 
Di sini tubuh anda akan cepat merasa lelah. Mengapa? karena tubuh Anda akan memproduksi semakin banyak darah yang berfungsi untuk menyalurkan zat-zat gizi beserta oksigen ke janin Anda, dan  bertambahnya darah pada tubuh secara khusus lebih tinggi pada kehamilan dengan usia janin 5 minggu, di bandingkan minggu-minggu sebelumnya. Sehingga memacu peredaran darah.

Denyut jantung bertambah
Denyut jantung bertambah disebabkan akibat bertambahnya darah pada tubuh anda, jadi secara otomatis denyut jantung akan bertambah untuk mengimbangi memacunya peredaran darah.

Hal lain yang di alami ibu hamil dalam usia janin minggu ke 5 
Ibu hamil akan mengalami kembali gejala di masa awal kehamilan, dan gejala yang lainnya seperti payudara berubah, mual-mual, semakin peka terhadap bau, ngidam(menginginkan hal yang aneh), sering buang air kecil dan suasana hati tidak stabil/emotional.
Gambar janin usia 5 minggu
Gambar janin usia 5 minggu

Perkembangan janin pada usia 5 minggu

Fisik mulai tampak jelas 
Setelah terjadi perkembangan sel yang cepat selama dari minggu pertama hingga minggu ke lima, janin mulai lebih jelas rupanya.

Jantung dan peredaran darah mulai terbentuk
Setelah minggu ke lima kehamilan, pembuluh-pembuluh darah janin mulai terbentuk dan akan nampak sebuah tonjolan kecil yang merupakan jantung dari janin Anda.

Jantung janin mulai berdetak 
perkembangan janin 5 minggu yang selanjutnya adalah jantung janin sudah mulai bertetak. Pada akhir minggu ke lima setelah terbentuknya jantung janin, maka pada akhir minggu ke 5 ini jantung janin mulai berdetak, dan pada tahap ini mungkin detak jantung sudah dapat di dengar dan di rasakan melalui gelombang ultrasound.

Tali pusar/tali pusat mulai berfungsi
Tali pusar bekerja dengan plasenta (ari-ari) untuk membawa nutrisi dan oksigen ke janin, dan membuang sisa metabolisme menggantikan kantong kuning telur.

Bertambah besar ukuran janin 
Perkembangan janin 5 minggu selanjutnya yaitu, janin sudah memiliki panjang 1,5 mm. Ini lebih panjang dari minggu-minggu sebelumnya. 

Hal-hal yang harus di lakukan pada perkembangan janin usia 5 minggu

Rutin melakukan cek up ke dokter
Hal ini guna memantau kesehatan Anda dan janin, juga merupakan langkah persiapan pra-kelahiran bagi ibu hamil. Biasanya dokter akan mencatat riwayat medis, melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan tes-tes lainnya, ini guna memastikan Anda dan janin Anda sehat.

Konsultasi dengan dokter kandungan 
Ini merupakan sarana untuk menyampaikan keluhan-keluhan anda saat hamil, dan apabila ada hal yang tidak mengerti jangan lupa untuk minta penjelasan kepada dokter yang bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar