ads

Tahap Perkembangan Janin Di Usia 6 Bulan

Perkembangan janin usia 6 bulan - Janin yang sudah memasuki 6 bulan adalah janin yang sudah matang. Di usia ini, janin sudah hampir membentuk manusia yang sempurna. Perkembangan indera yang di milikinya pun sudah mulai berkembang, walaupun belum matang atau sempurna seutuhnya. Berikut ini adalah perkembangan janin usia 6 bulan yang bisa anda jadikan referensi untuk mengamati tumbuh kembang janin anda :

Tahap pertama perkembangan janin usia 6 bulan adalah kulit bayi akan terlihat lebih tebal dari bulan sebulumnya, di bulan sebelumnya kulit bayi transparan dan halus. Tetapi berbeda di bulan ini, janin di usia 6 bulan sudah hampir menyerupai kulit bayi yang dilahirkan, walaupun jaringan kulitnya belum terlihat sempurna.
Gambar janin usia 6 bulan
Gambar janin usia 6 bulan 

Tahap kedua perkembangan janin 6 bulan adalah indera mata pada janin pun ikut berkembang, hal ini di tandai dengan terbentuknya retina mata janin  dan terbentuk dengan sempurna. Walaupun mata janin belum bisa melihat pada tahap ini, karena janin memiliki tingkat sensitif yang sangat tinggi terhadap cahaya.

Tahap ketiga perkembangan janin usia 6 bulan adalah pada bagian paru-paru sudah terbentuk aliran-aliran paru-paru. Ini berarti organ paru-paru pada janin sudah menghasilkan surfactant (cairan yang dapat memisahkan paru-paru satu dan paru-paru yang lainnya). Walaupun begitu, paru-paru janin belum bisa dikatakan sempurna,  karena paru-paru janin akan sempurna pada usia janin yang ke sembilan bulan. Paru-paru merupakan organ bayi yang tahap penyempurnaanya paling akhir.

Tahap keempat perkembangan janin usia 6 bulan adalah pergerakan janin. Pada usia ini, ibu hamil sudah dapat merasakan pergerakan janin, terutama pada malam hari, karena saat malam hari janin dalam kandungan akan bergerak sangat aktif di bandingkan pada pagi ,siang ataupun sore. Ini disebabkan karena jam tidur bayi mulai berkurang dari sebelumnya. 

Tahap kelima perkembangan janin 6 bulan adalah bentuk sempurna dari kepala janin. Pada tahap ini, kepala janin sudah memiliki ukuran yang sempurna seperti bayi yang telah lahir.

Tahap keenam perkembangan janin 6 bulan adalah berkembangnya pada bagian otak janin. Pada usia ini, otak janin akan berkembang dengan pesat di bandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Pada saat ini, para ahli kebidanan percaya bahwa janin pada usia ini sudah dapat bermimpi.

Tahap ketujuh perkembangan janin 6 bulan adalah tahap dimana jaringan lemak bayi sudah mulai terbentuk, tetapi lemak yang di hasilkan masih sangat sedikit. Sehingga bayi tidak dapat dengan sempurna mengatur suhu pada tubuhnya.

Tahap kedelapan perkembangan janin 6 bulan adalah organ pada janin lebih berkembang dari tahap sebelumnya. Hal ini ditandai dengan organ intim dan pembuluh darah janin mulai berkembang, uterus sang ibu terus diisi oleh janin, dan syaraf janin mulai sensitif di bagian mulut dan juga bibir 

Tahap terakhir perkembangan janin 6 bulan adalah janin akan melakukan persiapan dirinya ketika akan dilahirkan nanti pada usia yang kesembilan bulan.

Demikianlah tahap-tahap perkembangan janin 6 bulan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar