ads

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Muda Yang Harus Terpenuhi

Nutrisi ibu hamil muda yang baik didapat bukan dari menambah sebanyak-banyaknya porsi makan, tetapi dengan memperhatikan apa saja makanan yang dapat memenuhi nutrisi ibu hamil. Mengapa demikian?. Karena porsi makan yang banyak dengan tidak memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya hanya akan menyebabkan kegemukan pada ibu hamil
Trimester pertama kehamilan adalah masa rentan, pada umumya kasus keguguran terjadi pada fase ini. Keguguran juga dapat terjadi karena makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karenanya calon ibu harus jeli memilih makanan apa yang baik dan tidak baik dikonsumsi selama kehamilan, terutama pada masa awal kehamilan. Nutrisi yang masuk pada tubuh seorang ibu di trimester pertama kehamilan berperan penting untuk pondasi awal perkembangan janin.  Lantas, apa sajakah makanan untuk memenuhi  nutrisi ibu hamil muda?. Berikut diantaranya :
Nutrisi bagi ibu hamil muda
1.       Asam Folat
Pada awal kehamilan, janin baru berbentuk embrio. Asam folat merupakan nutrisi ibu hamil muda yang berperan untuk mempersiapkan rahim dan mencegah cacat tabung syaraf pada bayi yang umum terjadi. Seperti :
·        Spina bifide adalah kondisi dimana seluruh kolom tulang belakang dan sumsum tulang belakang mengalami penutupan.
·         Anenchephaly, yaitu keterbelakangan mental pada anak.
·     Encephalocele, atau jaringan otak menjorok keluar pada kulit yang abnormal dalam tengkorak anak.
Dikarenakan cacat ini umumnya terjadi selama 4 minggu pertama kehamilan, maka disarankan untuk mengonsumsi asam folat sejak setelah menikah. Selain cacat tabung syaraf, kekurangan asam folat juga berakibat berat badan bayi rendah, kelahiran prematur, juga keguguran.
Beberapa makanan yang mengandung asam folat diantaranya sereal, hati sapi, bayam, mie terigu, asparagus, dan alpukat.
2.       Sayur dan Buah
Seperti yang kita ketahui, sayur dan buah adalah sumber serat yang baik untuk pencernaan dengan mendetoks kotoran pada pencernaan, sehingga tubuh mampu menyerap nutrisi dengan maksimal. Selain itu sayuran hijau menyediakan kebutuhan zat besi yang mampu menghindarkan ibu hamil dari anemia, dan mengurangi rasa mual. Buah-buahan juga menyimpan berbagai vitamin, seperti vitamin C untuk kekebalan tubuh dan memerangi infeksi pada janin. Bahkan pada buah tertentu seperti pisang dan alpukat banyak mengandung asam folat.
3.       Seafood
Makanan laut banyak mengandung protein, vitamin A, dan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Namun demikian sebaiknya hindari mengonsumsi jenis ikan besar seperti hiu, dan tuna bigeye. Ini karena kadar merkurinya yang tinggi justru akan mengganggu perkembangan neurologis (syaraf) pada janin.
4.       Susu
Ada istilah makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Dan susu sebagai penyempurna menu makan sehat tersebut. Susu adalah nutrisi ibu hamil muda yang sangat baik. Kandungan berbagai vitamin dan mineralnya mendukung pertumbuhan jaringan baru, dan memperbaiki jaringan yang rusak pada janin dan transportasi oksigen pada janin anda.

Semua sumber nutrisi ibu hamil muda di atas sangat mudah didapat, dan tentunya  sangat baik bagi anda dan janin. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar