ads

Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Masa kehamilan adalah masa yang membahagiakan untuk para calon ibu dan ayah. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga janin dalam kandungan agar sehat setelah terlahir nanti. Bagi anda ibu hamil tentu sudah banyak mengetahui tentang olahraga ringanm dan pemenuhan nutrisi yang cukup, agar kesehatan ibu dan janin bisa tetap terjaga. Namun disamping itu ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan yang mungkin belum anda ketahui. Misalnya hal apa yang sebaiknya tidak dilakukan ketika hamil. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan ibu hamil yang bisa dilakukan :
tips menjaga kesehatan janin
Menghindari konsumsi daging dan makanan mentah
Bakteri salmonella penyebab diare bisa terdapat dalam telur ayam, hati ayam, hati sapi, dan sebagainya yang dimakan mentah atau kurang matang. Selain itu, makanan mentah seperti sushi dan sate juga dikhawatirkan mengandung bakteri e-colli dan parasit toxoplasmosis yang berbahaya bagi ibu dan janin.

Menghindari konsumsi kopi 
Bagi sebagian orang kopi adalah minuman untuk membangkitkan semangat dan memberi efek bugar setelah meminumnya. Namun untuk menjaga kesehatan ibu hamil, sebaiknya hindari konsumsi kopi selama masa kehamilan. Kopi adalah minuman yang mengandung zat kafein. Zat ini dapat menghambat penyerapan zat besi pada ibu hamil, juga salah satu faktor yang menyebabkan berat badan janin rendah

Menghindari rokok dan minuman beralkohol
Bagi anda calon ibu yang mempunyai kebiasaan buruk merokok dan minum minuman beralkohol sebaiknya hentikan mulai sekarang. Jika bagi orang biasa saja kedua kebiasaan buruk tersebut lebih banyak efek negatif, apalagi untuk ibu hamil. Janin kemungkinan besar akan mengalami kelainan pada perkembangannya dan memicu masalah emosional pada bayi. Bagi anda yang tidak merokok, hindari asap rokok dari orang lain, karena perokok pasif juga tak kalah berbahayanya dengan perokok aktif.

Menghindari kotoran kucing yang terjangkit parasit
Mungkin di sekitar anda ada mitos kalau ingin punya anak jangan memelihara kucing, karena bisa menyebabkan keguguran. Kalimat ini memang tidak sepenuhnya salah, akan tetapi yang berbahaya lebih kepada kotoran kucing. Kotoran kucing disinyalir mengandung parasit Toxoplasma Gondii yang mengakibatkan berbagai masalah pada bayi, meliputi gangguan pada penglihatan, hilangnya pendengaran, gangguan belajar bayi, bahkan sampai keguguran. 

Lalu bagaimana dengan anda pecinta kucing? Jangan khawatir, berikut adalah cara menjaga kesehatan ibu hamil yang memelihara kucing :

  • Sebelum merencanakan kehamilan, periksakan diri anda untuk mengetahui apakah anda terjangkit parasit bernama Toxoplasma, sehingga nantinya dapat dilakukan pencegahan.
  • Saat membersihkan kandang atau kotoran kucing gunakan sarung tangan.
  • Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan, juga setelah bermain dengan kucing.
  • Karena kucing yang terinfeksi parasit ini akan terlihat sehat-sehat saja, ada baiknya periksakanlah kucing pada dokter hewan secara teratur.

Semoga info tentang cara menjaga kesehatan ibu hamil di atas dapat bermanfaat untuk anda calon ibu, dan orang-orang di sekitar anda. Pada intinya, anda harus selalu menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

0 komentar:

Posting Komentar