ads

Mengenali Tanda Tanda Akan Melahirkan

Tanda tanda akan melahirkan - Proses persalinan tentunya menjadi moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh calon para Ibu. Namun tidak banyak dari mereka beranggapan bahwa proses persalinan sangatlah menjadi waktu yang paling mendebarkan. Dimana sang ibu akan berjuang mempertaruhkan nyawa demi melahirkan sang buah hati. Pada umumnya, proses melahirkan akan dimulai pada minggu ke 39 dan 41 umur kehamilan. 

Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, tubuh akan menghasilkan hormon progesteron yang berfungsi untuk melunakkan jaringan disekitar cervix (leher rahim) dan pelvis (panggul) untuk proses melahirkan. Ada baiknya jika sebelum proses persalinan itu terjadi kita dapat mengenali tanda-anda awal proses melahirkan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan diri kita, mental, tenaga dan pikiran untuk fokus menghadapi proses persalinan tersebut. Kita dapat mengenali tanda tanda akan melahirkan ini dengan mengenali beberapa gejala yang timbul pada diri kita, diantaranya :

Tanda tanda akan melahirkan
Tanda tanda akan melahirkan
Nyeri di daerah selangkangan
Pada umumnya wanita yang akan melahirkan akan merasakan nyeri hebat pada sekitar daerah selangkangan. Nyeri disebabkan oleh tekanan kepala janin yang mulai turun ke bawah menujui pintu atas panggul (PAP). Pada kondisi seperti ini biasanya Ibu akan sering merasa ingin buang air kecil (BAK)) dan buang air besar (BAB) karena sebagai akibat dari janin yang menekan kandung kemih.

Nyeri tulang belakang
Pada umur kehamilan yang semakin tua, janin akan mengalami pergeseran sehingga akan menekan bagian tulang belakang yang menimbulkan nyeri.

Keluar lendir darah
Selama kehamilan, janin tersumbat oleh mucus (lendir darah yang lengket) sehingga menutup cervix atau leher rahim. Namun  saat persalinan akan dimulai, cervix akan membuka sehingga mucus (lendir darah yang lengket) ini akan keluar melalui vagina. Ini menjadi pertanda yang akurat anda akan segera melahirkan.

Kontraksi
Kontraksi yang berkelanjutan menjadi tanda tanda akan melahirkan. Kontraksi ini ditandai dengan semakin mengerasnya dinding rahim, biasanya kontraksi ini terjadi secara teratur, namun semakin lama semakin sering dalam kurun waktu 10 menit 3-5 kali kontraksi.

Pecahnya air ketuban
Sebagian besar Ibu hamil tidak menyadari akan fase ini. Mereka tidak menyadari bahwa air ketuban telah pecah, karena biasanya air ketuban keluar seperti rembesan air, namun ada pula yang langsung keluar seperti semburan. Hal ini dapa dijadikan sebagai pertanda bahwa proses melahirkan akan segera berlangsung.

Pembukaan
Tanda akhir dari persalinan ini ialah pembukaan yaitu dimana kepala bayi sudah memasuki pintu rahin dan akan menekan keluar. Pembukaan ini terjadi secara perlahan-lahan dan akan naik satu persatu tiap 2 jam sekali. Hal ini menandakan bahwa proses melahirkan sangat dekat.

Itulah beberapa tanda tanda akan melahirkan. Sebaiknya, ibu hamil mengenali tanda-tanda awal proses melahirkan ini sehingga dapat mempersiapkan semuanya secara maksimal. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar