ads

Ini Dia Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik dan Aman

Posisi tidur ibu hamil yang baik - tidur memang menjadi rutinitas yang paling enak bagi setiap orang, terutama bagi yang mengalami lelah tubuh, maka tidur serasa nikmat sekali. Namun lain cerita bagi ibu yang sedang mengalami hamil. Banyak ibu-ibu hamil merasa khawatir saat tidur karena takut mempengaruhi tumbuh kembang janin. Biasanya posisi tidur yang menyebabkan rasa khawatir itu datang, apakah posisi tidur itu baik untuk bayi atau justru membahayakan. Padahal, tidurnya orang hamil itu harus benar benar nyaman. 

Saat trimester pertama kehamilan, posisi tidur memang tak menjadi sebuah kekhawatiran, karena perut masih kecil. Kekhawatiran ibu biasanya mulai muncul di trimester kedua saat kandungan mulai membesar dan menjadi masa masa rawan bagi si janin. Namun sebenarnya ibu ibu tak perlu cemas, sebab kondisi janin sesungguhnya tetap mengapung dalam cairan di dalam perut sehingga posisi seperti apapun janin akan tetap terlindung. Tentu saja, untuk posisi tidur ibu hamil yang wajar. Nah jika masih ragu dan bingung, berikut ini kami berikan beberapa tips dan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil
Posisi tidur ibu hamil
Posisi tidur ibu hamil yang baik
Tidur tengkurap saat hamil
Posisi tidur tengkurap untuk ibu hamil sebenarnya aman aman saja, hanya yang perlu diperhatikan adalah untuk trimester kedua atau mulai minggu ke 14 saat kandungan mulai membesar dan ukuran dada juga mulai besar. Ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi ibu hamil yang ingin tengkurap. Padahal di saat belum hamil, posisi ini sangat enak sekali. Solusinya, Anda bisa memberikan bantalan bantal atau guling di paha.

Tidur terlentang
Posisi tidur terlentang saat hamil sebaiknya dihindari saat usia kehamilan sudah mencapai trimester kedua dengan usia janin 16 minggu. Pasalnya posisi ini akan memberikan titik berat kandungan ke usus serta vena cava inferior. Tidur terlentang saat usia kehamilan 16 ke atas juga menjadi faktor pemicu sakit pinggang, wasir, penurunan tekanan darah.
Baca juga : 5 Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari
Tidur posisi miring saat hamil
Posisi tidur ibu hamil yang paling dianjurkan adalah miring. Baik miring ke arah kiri atau kanan sama saja. Alangkah lebih baiknya jika di selang seling agar rasa pegal saat tidur atau kram bisa dihindari. Atau agar lebih nyaman lagi, anda bisa menggunakan guling di antara paha dan satu lagi dibelakang badan (untuk mencegah agar tidak terlentang secara tak sadar).

0 komentar:

Posting Komentar