ads

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil biasanya karena mengkonsumsi garam yang berlebih. Kaki Bengkak yang terjadi pada ibu hamil biasa disebut dengan Edema. Yakni kelebihan cairan dalam tubuh yang terkumpul (biasanya) pada kaki ibu hamil. Pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil biasanya terjadi pada kaki bagian belakang dan mata kaki selama masa kehamilan. Jika pembengkakan itu terjadi didaerah wajah dan tangan, sebaiknya untuk segera menghubungi dokter.
Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil
Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

  1. Keadaan berat tubuh yang makin bertambah, hingga beban kaki akan makin berat. Butuh diwaspadai untuk ibu hamil supaya menjaga berat tubuhnya, disarankan kenaikan yang berlangsung sepanjang proses kehamilan tak lebih dari 15 kg.
  2. Ada cairan yang tertahan dibagian kaki diperparah dengan keadaan rahim atau perut ibu yang makin membesar karena ada pembuluh darah balik dibagian kaki yang terhalang hingga arus balik darah ke jantung jadi terganggu.
  3. Ada kelainan masalah aliran darah pada ibu hamil, dalam hal semacam ini kerap disebut dengan pre-eklamsi lantaran tingginya tekanan darah (hipertensi) serta kandungan protein pada wanita hamil bakal mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah, serta bikin berat tubuh naik secara mendadak cuma dalam kurun waktu yang singkat yakni satu atau dua hari. Umumnya tanda-tanda ini ditandai tidak cuma bengkak di kaki, tetapi pada betis serta tangan dapat juga terjadi. 

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Waktu Hamil

  1.  Janganlah berdiri dalam periode waktu yang lama. Hal itu membuat pegal, pegal yaitu adanya reaksi peredaran darah serta otot yangcapek.
  2. Waktu duduk biasakan posisi kaki agar lebih tinggi dari jantung. Hal semacam ini bisa membuat aliran darah jadi lancar. Demikian halnya waktu akan tidur, ganjal ke-2 kaki dengan bantal supaya posisinya bisa lebih tinggi dari kepala serta jantung, hingga penyebab kaki bengkak waktu hamil dapat dicegah.
  3. Waktu tidur, posisikan tubuh ibuhamil berbaring miring ke arah kiri. Dengan tidur miring ke kiri, pembuluh darah balik yang ada di kanan badan dapat membuat tekanan pada badan berkurang.
  4. Bila anda suka berenang, waktu berenang upayakan jalan di dasar kolam. Daya apung dari air kolam dapat mengangkat bayi hingga peredaran darah sejenak dapat normal.
    Berolahraga dengan teratur dapat menghindari pembengkakan kaki pada ibu hamilsemakin kronis.
  5. Rajin mengkompres kaki menggunakan air dingin bisa meringankan kaki bengkak waktu hamil.
  6. Hindarilah menggunakan sepatu dengan tali, karena tali itu dapat mengikat kaki serta makin menghambat peredaran darah pada kaki. 
Demikianlah Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk ibu hamil yang sedang bengkak kakinya :)

    0 komentar:

    Posting Komentar