ads

5 Tips Perawatan Sebelum Melahirkan Yang Sebaiknya Dilakukan

Tips perawatan sebelum melahirkan - Kehamilan adalah waktu yang sangat penting dan spesial untuk setiap wanita. Selama mereka hamil, dIbutuhkan perawatan extra untuk menjaga kesehatan Ibu maupun bayi yang dikandungnya. Perawatan sebelum melahirkan merupakan bagian penting dari kehamilan. Ini merupakan perawatan medis sistemik pada wanita hamil dan janin untuk mempertahankan kesehatan mereka secara keseluruhan dan untuk mengurangi resiko komplikasi yang mungkin saja bisa terjadi.
Perawatan Sebelum Melahirkan
Perawatan Sebelum Melahirkan
Di antara beberapa perawatan yang perlu dilakukan sebelum melahirkan pada wanita hamil antara lain,

Membuat Jadwal Kunjungan ke Dokter
Biasanya dianjurkan bagi Ibu Hamil untuk berkunjung setidaknya sekali dalam sebulan selama 28 minggu kehamilan untuk memantau kondisi Ibu dan janin. Kemudian setelah minggu ke-36, anda setidaknya harus menjadwalkan dua minggu sekali untuk pergi ke dokter. Dan pada tahap akhir kehamilan, dianjurkan untuk menemui dokter setidaknya seminggu sekali. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan terutama untuk pemeriksaan rutin dan untuk memberikan anda gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi kesehatan serta persiapan untuk melahirkan.

Berkonsultasi dengan Dokter
Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan, perawat, bidan, atau dokter kandungan anda. Bicarakan semua mengenai riwayat kesehatan keluarga anda serta kondisi apapun yang pernah dialami oleh keluarga anda maupun oleh anda sendiri. Dengan memberitahukan dokter semua riwayat kesehatan anda maupun keluarga serta kondisi medis yang sedang anda derita akan memudahkan dokter untuk memantau serta memberikan masukan yang penting. Hal tersebut juga sangat penting untuk menghindari keguguran atau kondisi kesehatan lainnya.

Terbuka mengenai kondisi kesehatan serta riwayat kesehatan anda akan memberikan banyak keuntungan seperti, dapat mengurangi stres dan depresi, dapat menghindarkan anda dari persalinan prematur,memudahkan dokter untuk mengantisipasi jika anda mengalami komplikasi, dan masih banyak keuntungan yang lainnya.

Vitamin Prenatal
Sebelum melahirkan, biasanya perawatan yang diberikan juga termasuk resep vitamin prenatal dari dokter. Vitamin prenatal adalah suplemen yang banyak mengandung nutrisi penting dan diperlukan selama kehamilan. Diantara beberapa kandungan yang ada pada vitamin prenatal antara lain, kalsium, besi untuk perkembangan bayi, serta asam folat.

Makanan sehat
Makanan sehat harus menjadi bagian dari hidup Ibu sebelum melahirkan. Tetaplah selalu terhidrasi dengan mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup, serta makanan yang kaya protein, karbohidrat, dan asam lemak. Sangat dianjurkan bagi Ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak, sayuran, dan juga buah-buahan. (Baca : 5 Buah Yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil )

Anda diharuskan untuk menghindari makanan dengan lemak jenuh serta makanan dengan kandungan lemak tak jenuh. Termasuk juga makanan yang digoreng.Sangat penting untuk setiap Ibu setidaknya menyediakan jus buah segar dalam diet perawatan sebelum melahirkan. Dehidrasi sangat berbahaya bagi Ibu Hamil dan juga janin karena dapat menimbulkan komplikasi.

Meninggalkan kebiasaan buruk

Apabila anda adalah penikmat kopi, cobalah untuk menguranginya. Selain itu, apabila anda memiliki suami yang merokok usahakan untuk memberikan peringatan atau setidaknya meminta suami untuk merokok di luar ruangan. Kelebihan kafein dan asap rokok, semuanya dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan bahkan dapat berakibat keguguran.

Itulah beberapa tips perawatan sebelum melahirkan yang sebaiknya dilakukan oleh Ibu Hamil saat kondisi kandungan sudah mendekati HPL. Poin terpenting adalah rajin konsultasi dengan dokter kandungan agar segala sesuatunya menjadi lancar.

0 komentar:

Posting Komentar