ads

14 Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

hai bunda cantik, tentu anda sudah tahu bukan buah-buahan yang baik untuk ibu hamil akan sangat membantu dalam perkembangan janin di dalam kandungan.

ketika anda hamil saya yakin anda akan berpikir dua kali untuk mengkonsumsi berbagai makanan bukan?

tentu semua ini memiliki tujuan untuk melindungi diri anda dan terutama si dede kecil yang masih dalam tahap perkembangan. banyak wanita yang khawatir akan hal ini. namun, anda berada di tempat yang tepat karena saya akan memberikan daftar ulasan yang semoga dapat membantu.

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

BUAH-BUAHAN YANG BAGUS UNTUK IBU HAMIL MUDA

makanan yang baik harus banyak mengandung nutrisi penting untuk kehamilan seperti asam folat, asam amino, kolin, dan berbagai vitamin dan semua itu bisa anda dapatkan melalui daftar buah dibawah ini:

a. Alpukat
ini dia salah satu buah istimewa yang wajib menjadi menu anda karena mengandung sangat tinggi asam folat. secara ilmiah asam folat adalah sintesis dari vitamin B dan berguna untuk pembelahan dan pertumbuhan sel janin. jika sampai kekurangan asam folat akan berdampak cukup buruk yaitu bayi terlahir cacat.

b. Kurma 
anda tidak perlu meragukan manfaat buah kurma untuk kehamilan karena kandungan nutrisinya cukup lengkap seperti zat besi, kalium, serat, mangan, belerang, magnesium dan kalsium.

buah ini dipercaya mampu memperkuat kandungan dan memperlancar pencernaan karena kandungan seratnya cukup banyak. zat besi dan kalium didalam buah kurma membantu meningkatkan darah dan menghilangkan rasa kram saat hamil.

c. kelapa muda
saya sedikit bimbang untuk memasukan buah ini kedalam daftar buah yang baik untuk ibu hamil karena setelah saya mencari berbagai sumber informasi terpercaya tentang buah ini.

ternyata, buah kelapa sebaiknya anda hindari dulu saat kehamilan baru memasuki trimester pertama karena dapat melemahkan kandungan. tetapi, ketika sudah melewati trimester pertama buah kelapa sangat baik karena mampu menjaga kebersihan air ketuban saat persalinan nanti.

sementara itu, kandungan gula alami yang juga tinggi mampu memperbaiki dan menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh. dan kandungan lain yang perlu anda tahu adalah kalium, magnesium, gula alami, klorida, protein, dan sodium.

d. Mangga
siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini disamping rasanya manis juga sangat tinggi vitamin C yang dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit. kandungan seratnya yang tinggi juga dapat melancarkan pencernaan.

dan tidak kalah pentingnya lagi kandungan kalium dan potasiumnya bisa menjaga keimbangan cairan di dalam tubuh anda. tetapi anda juga harus makan sewajarnya saja ya bunda dikarenakan dapat memicu timbulnya gas di dalam perut dan membuat kaki bengkak.

e. Lemon
si kuning bulat ini dipercaya sebagai antioksidan yang sangat baik khasiat dari antioksidan yaitu menangkal berbagai macam penyakit dan membersihkan semua racun di dalam tubuh.

vitamin C juga bisa anda temukan di dalam buah lemon dan bagi ibu hamil vitamin C sangat diperlukan agar tubuh anda tidak mudah sakit. salah satu masalah yang sering di derita oleh ibu hamil adalah sembelit.

mengkonsumsi lemon dengan cara dibikin jus adalah cara terbaik untuk mendapatkan semua manfaatnya dan melancarkan perncernaan anda. dan yang tidak kalah penting adalah kandungan kalium yang berguna untuk pembentukan tulang pada bayi di dalam kandungan.

f. Apel
sekarang kita lanjut untuk membahas singkat apel apakah bunda tahu bahwa apel juga termasuk buah yang sangat besar manfaatnya untuk kehamilan (terlebih apel hijau)?

kandungan vitamin buah apel juga sangat lengkap seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. tetapi, vitamin-vitamin tersebut dapat mudah larut dalam air dan lemak jadi akan sangat mudah hilang di dalam tubuh maka dari itu sebaiknya bunda untuk rajin mengkonsumsi vitamin setiap hari ya.

manfaat lain dari buah apel antara lain mengurangi mual dan muntah, mengurangi bengkak di kaki, sebagai antioksidan, mengurangi dampak resiko kelahiran bayi prematur, dan menghilangkan sembelit serta diare.

g. Leci
buah leci dapat membantu sang ibu dari pengaruh radikal bebas karena kandungan vitamin C, B kompleks, flavonoid, phytonutrient, dan serat.

selain itu, untuk anda yang ingin tetap awet muda dan cantik buah leci juga bisa membantu anda karena dapat mencegah penuaan dini. penuaan dini sendiri bisa diakibatkan oleh radikal bebas, polusi, asap, dan radiasi sinar UV tetapi untungnya buah leci bisa menangkal itu semua.

vitamin C yang tinggi dapat balan membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta menghindarkan anda dari penyakit hipertensi sehingga membantu penyerapan zat besi oleh jantung menjadi optimal.

h. Pisang
ini adalah buah yang sangat wajib anda konsumsi saat hamil karena kandungan seratnya dapat menghindarkan anda dari penyakit diare dan sembelit.

manfaat lain dari buah pisang adalah memenuhi kebutuhan oksigen dan pembentukan sel saraf pusat janin. kandungan vitamin B6 dan kalsium juga dapat embantu proses pe,mbentukan tulang dan gigi.

dan manfaat yang lainya yaitu untuk mengurangi pembengkakan pada tubuh si ibu ketika hamil.

i. Jeruk
buah jeruk dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan mampu untuk mengurangi resiko pembengkakan pada tubuh.

selain itu, dapat menghindari si ibu dari varises ketika hamil dan melindungi kulit anda dari kanker. tetapi tidak hanya disini saja buah jeruk juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL lho bunda.

varises adalah sebuah urat atau otot yang menyembul dibagian betis sebelah belakang.

j. Blueberry
entah kenapa saya malah jadi teringat tentang sebuah vendor hendphone cina tetapi untungnya kita tidak sedang membahas tentang gadget ya bunda.

apakah bunda tahu buah ini masuk dalam buah yang paling wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? dikarenakan kandungan tanin dalam buah blueberry dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

dan khasiat luar biasa dari buah ini adalah mampu untuk mengurangi resiko alzheimer pada bayi, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mengurangi resiko infeksi saluran kencing pada ibu hamil. kandungan lain yang perlu untuk bunda ketahui adalah flavonol, resveratrol, proantosianidin, dan antosianin. 

alzheimer adalah sebuah sindrom yang mengakibatkan otak tampak mengecil atau mengkerut.

k. Buah Naga
kandungan serat buah naga bisa dibilang cukup tinggi dan fungsi utama serat yaitu untuk menjaga fungsi usus dan melancarkan pencernaaa.

kandungan karbohidratnya juga bisa dimanfaatkan oleh tubuh sebagai cadangan tenaga dan fungsi utama buah naga untuk janin yaitu untuk mengurangi resiko bayi mengalami kecacatan ketika lahir dan mengurangi resiko anemia pada ibu hamil semua ini karena kandungan asam folat dan zat besi pada buah naga.

l. Kiwi
anda bisa menemukan asam amino yang begitu tinggi di dalam buah kiwi apalagi asam amino ini memiliki fungsi yang cukup vital dalam mencegah terjadinya kelainan sel saraf otak pada janin dan menjaga kesehatan mata.

bukan hanya untuk si janin namun untuk anda juga memiliki beberapa manfaat khusus seperti menjaga tekanan darah tetap stabil dan memelihara kesehatan tubuh anda.

m. Semangka
buah semangka memilliki kandungan air yang begitu tinggi dan memiliki sifat sebagai pendingin jadi dapat membantu tubuh mencegah dehidrasi. kandungan nutrisinya  juga bisa dibilang cukup lengkap contohnya, vitamin A, C, B6, kalium,dan magnesium.

beberapa manfaat buah semangka untuk kehamilan yang perlu untuk bunda ketahui yaitu mengurangi mual dan muntah ketika hamil, mencegah pigmentasi kulit, mengurangi kram, mengurangi pembengkakan pada tubuh, dan mengatasi berbagai masalah pencernaan.

n. Cherry
oke bunda sekarang kita sudah sampai di nomor yang terakhir tetapi apakah anda sudah tahu pentingya buah cherry untuk kehamilan kalau belum berikut rangkumanya :

  • mencegah peradangan.
  • memutihkan kulit pada bayi.
  • menenangkan sel saraf.
  • mencegah resiko kanker.
  • mencegah penuaan dini.
  • dan terkahir melancarkan peredaran darah ke otak.
jadi bagaimana bunda apakah daftar buah yang baik untuk ibu hamil di atas masih kurang?

BUAH YANG DILARANG UNTUK IBU HAMIL

setelah tadi kita membahas buah-buahan yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sekarang kita akan melanjutkan dengan membahas buah yang dapat menggugurkan kandungan itulah kenapa buah-buahan dibawah ini sangat dilarang untuk dikonsumsi apa sajakah itu berikut rangkumanya:

buah yang dilarang untuk ibu hamil

1. Buah Durian
kenapa buah durian dilarang?
sebab, kandungan alkhohol di dalam buah durian sangat tinggi hal inilah yang dikhawatirkan dapat menyebabkan kelahiran prematur pada bayi atau yang paling parah mengakibatkan  keguguran.

perlu anda ketahui buah durian juga dapat meempengaruhi tumbuh kembang janin lantaran kandungan zat asam arachidonat yang cukup berbahaya bagi kehamilan.

2. Buah Nanas
yang kedua adalah buah nanas dan ini buah wajib yang anda harus hindari saat hamil. namun, pengaruh yang cukup besar adalah pada buah nanas yang masih muda tetapi walaupun sudah benar-benar matang sebaiknya anda tetap hindari dulu saja untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

menurut sebuah situs yang pernah saya baca buah nanas mengandung zat asam yang sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi pada awal kehamilan akan melemahkan kandungan dan berakhir dengan keguguran. dan bila dikonsumsi ketika menjelang persalinan bisa membuat kontraksi terjadi lebih dini.

3. Buah Pepaya
buah pepaya memang sangat baik untuk dikonsumsi bila sudah benar-benar matang karena kandungan vitamin C dan serat sangat diperlukan oleh tubuh. namun yang wajib untuk anda waspadai adalah bila masih muda atau belum sepenuhnya matang.

hal ini disebabkan karena kandungan getah pada buah pepaya bila sampai masuk kedalam tubuh di khawatirkan akan membuat kontraksi hebat dan paling parah akan membuat keguguran.

mengetahui buah-buahan yang baik dan dilarang untuk ibu hamil saya rasa sangat penting untuk menghindarkan anda dari keselahan-kesalahan sepele yang justru bisa berdampak besar terhadap kandungan anda dan saya berharap informasi ini berguna serta bermanfaat untuk anda, terima kasih bunda cantik.

0 komentar:

Posting Komentar