ads

11 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

hai bunda cantik, setelah diagnosa dokter atau bidan yang menyatakan bahwa anda hamil tentu menjadi kabar kebahagiaan yang luar biasa dan saya tahu itu.

tetapi, anda juga wajib untuk mengetahui beberapa hal pada masa kehamilan agar bisa mengurangi resiko buruk atau cepat tanggap jika terjadi suatu masalah di masa depan.

namun, kenyataanya sebagian besar ibu hamil muda kurang tahu akan hal ini jadi anda sangat beruntung bisa membaca artikel ini karena bisa menambah pengetahuan anda seputar kehamilan.

apa sajakah itu berikut rangkumanya untuk anda :

1. Pakaian yang sesuai
pernahkah anda terpikir bahwa kenyamanan akan memberikan pengaruh cukup besar bagi kehamilan anda?

Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

berbicara mengenai kenyamanan maka busana atau pakaian adalah termasuk di dalamnya. bayangkan jika saat hamil perut anda yang semakin membesar anda tetap memakai pakaian yang ketat atau sempit maka apa yang terjadi?

yup, benar anda akan begah dan sangat tidak nyaman maka dari itu ketika dalam tahap perencanaan kehamilan maka persiapkan juga pakaian yang agak longgar dan bisa menampung perut anda yang semakin membesar adapun hal lain saya tulis dibawah ini:


  • hindari sepatu hak tinggi karena resikonya sangat besar jika anda sampai terjatuh.
  • pakailah BH yang sesuai untuk melindungi aerola.
  • sebaiknya hindari penggunaan celana jeans karena sangat panas.
  • pilihlah pakaian yang longgar dan mudah menghisap keringat serta jangan lupa ya bunda jaga tubuh anda untuk tetap segar dan bersih.


2. Makanan yang baik
makanan yang baik untuk ibu hamil akan memberikan dampak pertumbuhan yang optimal bagi janin. banyak mitos tentang ibu hamil mengenai makanan.

12 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

salah satunya yaitu seorang wanita yang tengah hamil harus mengkonsumsi makanan dua kali lipat. menurut saya itu kurang tepat, karena yang benar adalah dengan menambah makanan yang sarat akan nutrisi dan gizi penting.

makanan juga harus dibagi secara seimbang untuk 3 kali makan seperti daging, telur, ikan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu.

3. Cukup istirahat
bayangkan perut anda semakin membesar tiap harinya dan energi anda juga pasti akan cepat terkuras habis kan bunda?

12 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

maka dari itu sebaiknya anda untuk menghindari aktivitas berlebihan yang justru bisa berbahaya untuk si janin. dan seimbangkan kebutuhan tubuh untuk istirahat.

cukupi kebutuhan tidur anda minimal 8 jam sehari dan 30 menit saat siang hari dan saya ada sedikit tips tidur sehat untuk ibu hamil nih bunda, berikut pemaparanya dibawah ini:


  • ruang kamar wajib terdapat ventilasi udara.
  • mendapat sinar matahari yang cukup.
  • saat kehamilan sudah memasuki trimester akhir tidur sambil kakinya di tinggikan supaya aliran darah menjadi lancar dan mencegah bengkak air.
  • gunakan warna hijau di tembok kamar anda sebagai terapi dan relaksasi penglihatan alami.
  • jauhkan benda-benda yang dapat mengganggu tidur anda seperti hp, laptop, atau tv.

4. Olahraga yang tepat
olahraga memang penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh namun jika berlebihan anda pasti sudah tahu apa yang akan terjadi.

12 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

sebenarnya sih yang terpenting manfaat olahraga selain menjaga kebugaran juga mencegah kemungkinan penyusutan pada rahim, dan memperlancar kontraksi saat persalinan.

banyak program olahraga yang di khususkan untuk wanita hamil salah satunya adalah senam. namun, jika anda tidak ingin repot berjalan kaki setiap hari setidaknya 15 menit juga bisa bisa dijadikan alternatif.

5. BAB teratur
saya sering mendengar bahwa BAB sering terganggu lantaran sembelit yang cukup sering menjadi keluhan bagi wanita yang tengah mengandung dan dampaknya membuat nafsu makan menurun.

mempersiapkan kehamilan

penyebabnya bisa karena kekurangan serat maka dari itu cukupilah kebutuhan serat saat hamil dengan sering mengkonsumsi buah akan serat seperti pisang, pepaya, mangga, dan lain-lain.

usahakan untuk tetap BAB teratur setiap hari agar menghindari perut pegah dan pengap karena sisa makanan tidak di buang.

6. Mandi
satu lagi yang tidak boleh terlupakan dari bunda semua dan ini penting untuk selalu membuat tubuh bersih dan segar.

12 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

dan selalu jaga kebersihan alat kelamin dengan membersihkanya setidaknya 1 kali sehari dengan air hangat serta jika memungkinkan gunakanlah shower agar setiap kotoran langsung turun.

7. Perasaan selalu gembira
apa jadinya jika seorang wanita yang tengah hamil mengalami depresi atau stress?

12 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

dalam hal ini akan memperburuk pengaruh resiko untuk si ibu dan janin sendiri. menjaga perasaan selalu gembira akan memberikan dampak positif yang akan menambah semangat anda menjalani hari-hari selama hamil.

8. Pengendalian hubungan intim
ada yang perlu bunda tahu nih pada trimester pertama kehamilan sebaiknya jangan melakukan hubungan intim dengan pasangan terlebih dahulu ya.

11 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

karena, bisa mempengaruhi tumbuh kembang embrio nantinya. bunda boleh melakukan hubungan intim lagi setelah memasuki trimester kedua namun juga jangan setiap hari.

sebaiknya lakukanlah seminggu 3 kali dan jika usia kehamilan anda sudah memasuki trimester ketiga juga sebainya untuk menguranginya lagi. dan bila ada tanda menunjukan tanda keguguran atau preamatur sebaiknya stop hubungan intim dan langsung lakukan pemeriksaan.

9. Ketahui pengetahuan dasar tentang bayi
sebagai persiapan setelah persalinan mulai dari sekarang anda wajib untuk menambah pengetahuan umum tentang bayi ya bunda, seperti cara memandikan, memakaikan pakaian, dan lain sebagainya.

11 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

juga bunda wajib untuk mengetahui dan memperkirakan apa yang nanti akan berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, dan pengaruh psikologis ke bayi sehingga dapat membantu mencegah masalah yang bisa timbul di kemudian hari.

10. Jangan sembarangan minum obat
mungkin di jaman sekarang ini banyak sekali produk obat yang katanya aman untuk janin namun, perlu bunda waspadai semua bentuk obat yang dibuat dengan bahan kimia sudah pasti mengandung resiko.

11 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan

maka dari itu penting untuk memilih dengan jeli dengan obat yang akan anda minum dan jika memungkinkan sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan alami atau herbal.

11. Lakukan pemeriksaan segera
ada beberapa hal yang wajib untuk segera mengunjungi dokter kandungan jika terdapat tanda dibawah ini agar mencegah sedari dini hal-hal yang tidak diinginkan, seperti:

11 Hal yang Wajib Bunda Ketahui Pada Masa Kehamilan


  • terjadi muntah yang sangat hebat dan terjadi terus menerus.
  • terjadi bengkak di area telapak tangan dan wajah
  • keluarnya air yang tidak diketahui asal-usulnya di daerah intim secara tiba-tiba (bukan air kencing).
  • terdapat keanehan pada bayi yang baru lahir yaitu berhenti bergerak atau sangat sedikit sekali bergerak.
  • pada saat buang air kecil terasa sangat panas disertai sakit dan keluarnya juga sedikit.
  • tiba-tiba penglihatan anda terganggu (mata kabur).
  • terjadi pendarahan di organ kelamin sekalipun itu sedikit.
  • tubuh anda yang merasakan suhu aneh seperti tiba-tiba merasa panas dan dingin.
  • terdapat keluhan di kepala yang sangat sakit dan terjadi cukup lama sampai lebih dari 3 hari.
  • sakit perut yang amat melilit sampai tidak tertahankan.
dari banyak saran dari para dokter yang beredar di masyarakat bahwa seorang wanita yang tengah hamil memang disarankan untuk lebih memperhatikan tentang kondisi kehamilanya lebih ekstra.

beberapa hal wajib untuk diketahui ibu hamil seperti diatas memang sudah sepantasnya bunda untuk tahu, sekian semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih bunda cantik.

0 komentar:

Posting Komentar